Jumat, 18 Juli 2008

Cara Mengajukan Permintaan Naik Gaji

Jika anda berpikir realistik bahwa anda telah melakukan pekerjaan anda dengan baik, memberikan kontribusi kepada perusahaan, dengan prestasi kerja yang baik, dan karena itu, anda pantas mendapat kenaikan gaji, coba bicarakan dengan atasan anda. Jangan ajukan permintaan ini dengan alasan anak-anak anda perlu banyak biaya untuk sekolah atau anda akan menikah. Ingat dengan pepatah yang mengatakan, dalam hidup ini tidak ada makan siang gratis. Perusahaan tempat anda bekerja bukan perusahaan sosial. Kita hanya perlu mendapatkan sesuai yang kita berikan. Karena itu,nilai secara jujur dan objektif kinerja anda, sesudah itu, atur strategi untuk membicarakannya dengan bos. Berikut, saran-saran Harvey MacKay tentang teknik negosiasi yang baik, dalam bukunya Pushing the Envelope: All the Way to the Top.

  • Siapkan catatan prestasi

Buat catatan kontribusi anda untuk perusahaan dan prestasi-prestasi yang sudah dicapai, yang membuktikan anda adalah aset untuk perusahaan anda. Siapkan juga data tentang standar gaji untuk bidang pekerjaan anda.

  • Atur jadwal pertemuan dengan bos

Pertimbangkan waktu terbaik, misalnya sesudah penilaian karya. Atau pada jumat siang ketika bos sedang bersemangat.

  • Latihan dulu dengan teman

Praktekkan presentasi anda didepan sahabat baik anda dan minta dia memberikan kritikan jujur. Lalu perbaikan kekurangan anda.

  • Jelaskan kasus anda

Dalam pertemuan dengan bos, ingatkan bos tentang apa saja sudah anda lakukan untuk perusahaan. Misalnya tentang cara anda meningkatkan produktivitas, mengatasi atau menyelamatkan situasi sulit atau penguasaan dan penerapan keterampilan baru anda yang penting untuk perusahaan. Ingatkan bos tentang lamanya anda bekerja di perusahaan itu dan tugas-tugas ekstra yang anda tangani. Tunjukkan dokumen-dokumen yang berkaitan langsung dengan prestasi anda yang sudah anda siapkan. Misalnya laporan penjualan atau kliping bukti publisitas jika anda bekerja di bagian terkait. Lalu kemukakan kepada bos hasil riset anda tentang gaji yg dibayarkan perusahaan lain untuk bidang tugas anda. Lalu ajukan persentase kenaikan yang masuk akal.

  • Ajukan kisaran

Beri kedua pihak (anda dan bos) kesempatan untuk negosiasi dengan mengajukan kisaran angka atau persentase. Hindari mengeluarkan ancaman kecuali jika anda memang sudah siap pindah ke perusahaan yang jelas akan memberikan gaji seperti yang anda minta. Cukup katakan,”saya harap permintaan ini masuk akal.” lalu segera pamit. Kemungkinan bos tidak bisa mengambil keputusan pada saat itu juga. Tanyakan kapan anda bisa kembali untuk mendapatkan jawabannya. Jika bos langsung menjawab tidak karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan, coba rundingkan kemungkinan kompensasi, misalnya cuci tambahan atau perubahan jabatan.

Tidak ada komentar: